8 Soft Skill Yang Sangat Anda Butuhkan Untuk Sukses

Soft Skill Yang Diperlukan – Sebagian dari kita mungkin pernah melihat atau memiliki rekan yang selalu terlihat ceria dan sukses dalam kehidupan, hal ini tidak jarang menimbulkan pertanyaan dalam diri kita “bagaimana mereka bisa terus ceria dan dapat sukses di bidangnya”.

Setiap orang memang memiliki kelebihannya masing-masing, namun bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Dengan kedisiplinan dan keteguhan tentu bisa membantu kita mencapai yang diinginkan.

Tidak menutup kemungkinan sebagian dari kita akan melihat mereka penuh dengan rasa iri, yahhh..itu wajar. Namun sebaiknya mulailah membuka diri untuk berupaya mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kita masing-masing.

Jangan Pernah Berharap “Soft Skill’ Diajarkan Di Sekolah

Apakah Anda pernah mendengar istilah soft skill di sekolah ? sangat jarang atau bahkan tidak pernah. Itulah mengapa Pintar Di Sekolah Belum Tentu Sukses Di Kehidupan. Salah satu penyebabnya adalah mengenai Soft Skill ini.

Baca Juga : Pinter Di Kelas Belum Tentu Sukses Di Kehidupan

Jika Anda ingin mengetahui Soft Skill itu apa, coba pikirkan ketrampilan yang berkaitan dengan sikap, disposisi, dan juga kepribadian Anda. Sebagai contoh, bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan orang lain.

Di sekolah mungkin Anda mampu menjawab soal ujian dan mendapatkan nilai 100 karena Anda mampu menjawab soal pilihan ganda dan essai dengan benar. Namun Anda tidak pernah diajarkan bagaimana cara bicara yang baik di depan, bagaimana bernegosiasi, dan menyikapi sikap orang lain.

Mengapa Soft Skill Itu Penting Bagi Anda..?

Apakah Anda pernah mengalami kegagalan dalam tes interview masuk kerja..?

Apa menurut Anda yang menyebabkan Anda bisa gagal dalam tes tersebut ? Apakah kurangnya pengalaman Anda, atau bahkan karena Anda tidak bisa mengungkapkan ide Anda dengan bahasa yang enak di dengar, atau tata bahasa Anda kurang meyakinkan..?

ya.. tidak semua kegagalan dalam tes pekerjaan dikarenakan kurangnya pengalaman atau kompetensi, Soft Skill bisa saja memegang peranan penting di dalam keberhasilan wawancara.

Bagaimana seseorang dengan keterampilan berbicara yang sopan dan mudah dimengerti mampu menghipnotis orang yang melakukan interview, dan sangat meyakinkan bagi tim untuk dapat menerimanya menjadi anggota tim. Itu adalah salah satu bentuk kecil dari pentingnya soft skill dalam kehidupan nyata…

Beberapa Jenis Soft Skill Yang Penting Dimiliki

Apakah Anda sudah mulai mengetahui bagaimana Soft Skill itu, berikut beberapa soft skill yang perlu Anda miliki untuk menambah kapabilitas Anda dalam kehidupan, sehingga kesuksesan dan kebahagiaan akan selalu terjadi pada Anda.

1. Kemampuan Mendengarkan

Sifat naluriah manusia adalah suka membicarakan diri sendiri, dengan demikian cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi orang lain. Maka Anda akan mendapat banyak teman atau jaringan (networking).

2. Mau Menerima Masukan

Ingat banyak mata yang sedang mengamati pergerakan Anda, ini tidak jarang akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan masukan atas semua yang ada pada diri Anda. Terima dengan senang hati setiap masukan, maka kesuksesan di depan mata.

3. Fleksibel

Menjadi orang yang bisa menyesuaikan diri terhadap keadaan tidak akan pernah diajarkan di sekolah, padahal ini yang akan membuat seseorang mampu bertahan dari banyaknya tantangan. Jangan terlalu keras kepala, cobalah mencari sudut pandang lain agar bisa fleksible.

4. Ada Saatnya Anda Tegas,

Anda juga harus mampu tegas untuk hal-hal yang diperlukan misalkan berkaitan dengan prinsip bisnis Anda, tentu ini memerlukan pertimbangan yang bijak disesuaikan dengan kondisi. Tegas bukan berati harus marah-marah.

5. Mampu Bekerja Secara Tim

Sepintar apapun Anda jika tidak bisa bekerja dengan tim secara harmonis maka semua kepintaran Anda tidak akan berguna, mengetahui kekuatan anggota tim. Dan jika Anda jadi pemimpin mereka, maka Anda harus bisa juga memotivasi dan memberi inspirasi.

6. Percaya Diri

Tidak ada orang yang sukses tanpa dibarengi dengan kepercayaan diri yang tinggi, mereka mampu mengelola ketakutan dengan baik dan menjadikannya sebagai kekuatan dalam diri. Jika Anda kurang percaya diri silakan baca Artikel berikut Melatih Kepercayaan Diri

7. Kepribadian Sopan dan Santun

Banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya terliat angkuh, tidak ingin bergaul dengan orang lain dan hanya inginkan orang lain mendatanginya. Cobalah untuk supel dengan banyak orang karena ini akan semakin memperlihatkan bahwa Anda bisa diterima disemua lini.

8. Mengatasi Konflik

Tidak dipungkiri bahwa dimanapun kita berada pasti selalu ada masalah, termasuk juga di tempat kerja. Anda mungkin berdebat dengan rekan kerja, berdebat dengan pasangan, atau bahkan tertarik dengan rekan kerja. Namun demi ketertiban dan kenyamanan semua pihak, cobalah untuk mengatasi konflik itu dengan baik. Keterampilan ini tidak pernah diajarkan disekolah, namun ini sangat penting bagi kehidupan Anda.

Itulah 8 keterampilan yang tidak pernah diajarkan di sekolah namun sangat dibutuhkan di kehidupan. Soft Skill di atas adalah sedikit contoh yang perlu Anda kuasai agar lebih bahagia dan juga bisa mencapai kesuksesan.

Semoga Bermanfaat dan Jangan lupa minta tolong dishare ya..

About Bijibersemi 270 Articles
Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*