3 Cara Menentukan Konsumen Yang Cocok Untuk Produk Anda

Entrepreneur – Kesesuaian konsumen dengan produk yang dihasilkan merupakan hal paling penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pengusaha, jika tidak maka bersiaplah untuk mengalami kegagalan dalam bisnis. Namun, menentukan pangsa pasar yang cocok bukanlah hal yang mudah terutama bagi seorang pemula, ini memerlukan waktu dan evaluasi yang mendalam.

Seorang pengusaha biasanya melakukan percobaan-percobaan atau bahkan sampai turun sendiri ke lapangan agar menemukan konsumen yang cocok bagi produk yang dihasilkan atau untuk memperbaiki produk agar sesuai dengan yang diinginkan masyarakat.

Suatu produk akan mudah diterima ke konsumen jika memiliki “Value”, ini lah hal yang akan membuat pengusaha berfikir keras bagaimana menjelaskan secara singkat tentang nilai yang ada dalam produk kepada konsumen dan konsumen dapat mengerti dengan cepat.

Berikut 3 langkah menentukan pasar yang sesuai untuk produk Anda:

1. Pahami Kebutuhan Konsumen Saat Ini dan Prediksi Kebutuhan Mereka Selanjutnya

Untuk memahami apa yang dibutuhkan konsumen tentu tidak bisa dilakukan hanya dengan Anda duduk manis di kursi kantor, kecuali Anda sudah memiliki staff ahli dibidang ini. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kebutuhan konsumen yang dituju tentu memerlukan waktu dan energi.

Sering-seringlah untuk berinteraksi dengan calon pelanggan Anda, berikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada mereka sebelum Anda menawarkan produk. Carilah keluhan atau permasalahan dari calon pelanggan dan cobalah untuk memberikan solusi pada produk Anda.

Produk berbasis solusi akan lebih banyak diminati dan dapat bertahan lama.

2. Fokuslah Pada Satu Produk Yang Anda Kuasai

Selaras dengan produk berbasis solusi, langkah kedua adalah fokuslah pada satu produk dulu yang paling Anda kuasai. Bagaimana Anda bisa menjual jika Anda tidak bisa meyakinkan calon konsumen Anda.

Untuk dapat menjelaskan kepada calon kunsumen tentu yang perlu dikuasai adalah keunggulan dan kelemahan produk.

Jika pada langkah pertama Anda diminta untuk menganalisa dan menangkap keluhan atau permasalahan calon konsumen, langkah kedua ini sebaiknya Anda manfaatkan peluang itu. Keluhan dari calon konsumen tentang produk lain sebaiknya Anda manfaatkan untuk menciptakan solusi yang menjawab keluhan itu.

Dengan menciptakan produk yang unggul dari yang lain, Anda sudah mengobati rasa kecewa calon konsumen pada produk perusahaan lain.

Fokus pada satu produk yang memberikan solusi dan bisa Anda kuasai secara detail akan membantu Anda mendapatkan konsumen, ide produk lain akan muncul setelahnya.

3. Membangun Kredibilitas

Calon konsumen ingin melihat seberapa bagus dan berkualitasnya produk yang Anda hasilkan, oleh karena itu mulailah bercerita tentang bagaimana produk Anda. Di sela-sela ceritakan kelebihan produk dan kemampuan menyelesaikan keluhan si calon konsumen.

Misal, menceritakan tentang penyakit yang sudah lama diderita oleh si fulan. berbagai macam obat telah dikonsumssi namun tidak membuahkan hasil. Namun setelah meminum “Obat” yang Anda produksi penyakitnya sembuh.

Itulah 3 cara mencari pangsa pasar yang sesuai dengan produk yang Anda hasilkan. Ingat pekerjaan ini memerlukan banyak waktu dan energi untuk mendapatkan konsumen yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Produk harus memiliki nilai dan yang paling baik adalah memberikan solusi pada calon konsumen.

About Bijibersemi 270 Articles
Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*