Mengisi Liburan di Jogja, Yuk Pergi Ke Pantai Indrayanti

 

Pantai Indrayanti, Jogja… kota yang satu ini memang selalu memberikan aura damai saat kita menginjakkan kaki baik untuk pertama kali maupun saat kembali pulang (mengutip lirik lagu Kla Project yang berjudul Yogyakarta..). Ngomong-ngomong lagu Yogyakarta, pembaca tahu tidak bahwa lirik lagunya memang ngenak banget ya..? Hampir di setiap sudut kota kita temui keramahan (ya walaupun sudah banyak isu yang sedikit mengurangi rasa nyaman..namun Jogja tetap terasa nyaman kok), angkringan, makanan pinggir jalan dan sampai hiburan hedon pun ada…

Yogyakarta memang memberikan berbagai macam pilihan tempat liburan, dari gunung, kota dengan hedonisme, bangunan sejarah sampai ke laut.. jadi jika Anda bingung mau kemana liburan kali ini, mari silakan ke Yogyakarta..

pada artikel kali ini, bijibersemi.com akan membahas mengenai pantai Indrayanti yang terletak di Gunung Kidul. Sebenarnya ada puluhan pantai di Jogja yang dapat dijadikan pilihan para wisatawan untuk berlibur, mulai dari pantai yang masih berpasir hitam hingga berpasir putih. Pantai berpasir putih dapat ditemukan di daerah Gunungkidul, Wonosari, Yogyakarta. Sedangkan pantai yang berpasir hitam dapat ditemui di selatan kota Jogja yaitu di daerah Bantul.

Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang sering direkomendasikan pada wisatawan. Nama pantai Indrayanti sendiri sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan.

Kok namanya Indrayanti ya?

Sebagian besar nama pantai di daerah tersebut menggunakan nama daerah, misal Baron.  Nama pantai Indrayanti sendiri sebenarnya bukan nama resmi yang dikeluarkan pemerintah daerah. Nama ini di ambil dari nama restoran Indrayanti yang berada tidak jauh dari sini. Restoran ini cukup dikenal pengunjung karena lokasinya sangat strategis mengahadap ke garis pantai dan dekat pintu masuk (area parkir mobil). Akhirnya, tanpa disengaja dari mulut ke mulut, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri diambil dari gabungan nama pemilik restoran; Bapak Indra dan Ibu Yanti.

Nama resmi yang digunakan oleh pemerintah untuk destinasi wisata ini adalah pantai Pulang Sawal/pantai Pulang Syawal. memang nama itu masih kalah pamor dengan Pantai Indrayanti yang sudah menyebar ke seluruh penjuru tertuama dengan bantuan media sosial para pengunjung yang menyebutkan nama pantainya adalah Indrayanti.

liburan ke pantai indrayanti Jogja, pantai indrayanti yogyakarta, pantai indrayanti

picture: http://piknikasik.com

 

Rute Perjalanan

Jarak temput dari Kota Yogyakarta menuju pantai Indrayanti ini mencapai kurang lebih 68 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam – 2 Jam.  ya sebenarnya jika dengan jarak sekitar 68km seharusnya bisa ditempuh dengan waktu 1 jam-an ya, namun karena jalannya berkelok dan naik bukit maka waktu tempuhnya agak sedikir panjang.

Banyak rute atau jalan menju Pantai Indrayanti yang bisa Anda tempuh.

Jalur Pertama, untuk rute umum, Anda bisa melewati jalan Wonosari (ringroad timur Yogyakarta)  Piyungan -> Patuk -> Wonosari -> Karangrejek -> Hargosari -> Tepus lalu ikuti petunjuk arah menuju pantai Indrayanti.

Jalur Kedua, Anda bisa melewati jalan Imogiri -> Siluk -> Panggang -> Saptosari -> Trowono -> Baron. Dari area pantai Baron, 10 km ke arah timur adalah pantai Pulang Syawal atau ndrayanti.

Bagi Anda yang belum mengenal banyak daerah Jogja, sebaiknya memilih rute Wonosari. Pastikan performa kendaraan Anda dalam keadaan yang prima karena jalan yang harus dilalui berupa tanjakan, turunan curam, serta berkelok-kelok. Selain itu, stamina dari sang pengendara juga harus tetap terjaga. Akan tetapi, semua akan terbayar dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Fasilitas Yang Ada

Jangan khawatir guysss, jika Anda liburan di pantai Indrayanti maka Anda akan disuguhi fasilitas yang tidak kalah dengan pantai lainnya yang terkenal.

Payung Pantai

Untuk menghindari dari terik matahari, Anda bisa menyewa payung pantai yang ada di sekitar pinggir pantai. Tarifnya Rp 20.000,- sudah dengan alas tikarnya ya…

Mushola

Jika Anda ingin berlama-lama di Pantai dan sudah masuk waktu sholat, banyak disediakan mushola di sana.. tidak perlu khawatir sudah ada sarung, sajadah dan mukena.

Toilet

Untuk mandi dan bilas, ada kamar mandi banyak di area tersebut. tarifnya Rp 2000 – 3000.

Parkir Kendaraan

Area parkir tersedia cukup banyak dengan tarif yang terjangkau yaitu 10000,- untuk roda 4.

Kuliner

Seperti halnya pantai yang lain, tempat makan disana juga banyak guysss…

Selamat menikmati liburan di Pantai Indrayanti Yogyakarta.. dijamin tidak akan menyesal. Spot foto dan mandi juga banyak…

loading...

Bijibersemi

Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *