Anda Tahu Perbedaan GSM dan CDMA ?

Membedakan GSM dan CDMA – Saat memilih kartu selular yang akan digunakan untuk handphone ataupun alat telekomunikasi mobile pasti Anda akan memikirkan penyedia jaringan selular yang mempunyai kualitas signal bagus, harga murah, cakupan signal sampai daerah Anda berada, dan termasuk mengenai GSM dan CDMA.

Anda mungkin sudah sering mengetahui istilah GSM dan CDMA selama menggunakan telepon genggam, bagaimana tidak salah satu syarat spesifikasi handphone yang Anda cari biasanya adalah jenis layanan jaringan yang ditawarkan perangkat tersebut yaitu GSM dan CDMA.

Namun, Apakah sebenarnya Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan GSM dan CDMA, dan apa perbedaan keduanya..

Sekarang kita akan membahas lebih dekat bagaimana GSM dan CDMA

Apa itu GSM ?

Dikutip dari Wikipedia, bahwa GSM merupakan singkatan dari Global System for Mobile Communication (GSM mulanya singkatan dari Groupe Spécial Mobile) adalah sebuah teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi seluler sekaligus sebagai teknologi seluler yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Sejarah Perkembangan GSM

GSM muncul pada pertengahan 1991 dan akhirnya dijadikan standar telekomunikasi seluler untuk seluruh Eropa oleh ETSI (European Telecomunication Standard Institute). Pengoperasian GSM secara komersil baru dapat dimulai pada awal kuartal terakhir 1992 karena GSM merupakan teknologi yang kompleks dan butuh pengkajian yang mendalam untuk bisa dijadikan standar. Pada September 1992, standar type approval untuk handphone disepakati dengan mempertimbangkan dan memasukkan puluhan item pengujian dalam memproduksi GSM.

Di Eropa, pada awalnya GSM didesain untuk beroperasi pada frekuensi 900 Mhz. Pada frekuensi ini, frekuensi uplinks-nya digunakan frekuensi 890–915 MHz , sedangkan frekuensi downlinksnya menggunakan frekuensi 935–960 MHz. Bandwith yang digunakan adalah 25 Mhz (915–890 = 960–935 = 25 Mhz), dan lebar kanal sebesar 200 Khz. Dari keduanya, maka didapatkan 125 kanal, di mana 124 kanal digunakan untuk suara dan satu kanal untuk sinyal. Pada perkembangannya, jumlah kanal 124 semakin tidak mencukupi dalam pemenuhan kebutuhan yang disebabkan pesatnya pertambahan jumlah pengguna.

Untuk memenuhi kebutuhan kanal yang lebih banyak, maka regulator GSM di Eropa mencoba menggunakan tambahan frekuensi untuk GSM pada band frekuensi di range 1800 Mhz dengan frekuensi 1710-1785 Mhz sebagai frekuensi uplinks dan frekuensi 1805-1880 Mhz sebagai frekuensi downlinks. GSM dengan frekuensinya yang baru ini kemudian dikenal dengan sebutan GSM 1800, yang menyediakan bandwidth sebesar 75 Mhz (1880-1805 = 1785–1710 = 75 Mhz). Dengan lebar kanal yang tetap sama yaitu 200 Khz sama, pada saat GSM pada frekuensi 900 Mhz, maka pada GSM 1800 ini akan tersedia sebanyak 375 kanal. Di Eropa, standar-standar GSM kemudian juga digunakan untuk komunikasi railway, yang kemudian dikenal dengan nama GSM-R.

Apa itu CDMA ?

Code division multiple access (CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.

Dalam perkembangan teknologi telekomunikasi telepon seluler terutama yang berkaitan dengan generasi ke-tiga (3G), CDMA menjadi teknologi pilihan masa depan.

CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.

CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekuensi, menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap.

Sejak itu CDMA digunakan dalam banyak sistem komunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi. Sistem terakhir didesain dan dibangun oleh Qualcomm, dan menjadi cikal bakal yang membantu insinyur-insinyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handoff dan kendali tenaga cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler terrestrial.

Perbedaan Antara GSM dan CDMA

Setelah Anda mengetahui apa itu GSM dan CDMA beserta dengan sejarah perkembangannya, selanjutnya bagaimana melihat perbedaan antar keduanya. Sebagai konsumen tentu Anda perlu tahu bahwa fungsi dari keduanya adalah merubah data menjadi signal radio yang dapat diterima oleh perangkat selular. Berikut beberpa perbedaan antara GSM dan CDMA:

  • Kartu SIM (SIM Cards), Sebelum muncul 4G LTE, perbedaan keduanya sangat jelas terlihat dari Sim Card. GSM didukung dengan menggunakan Sim Card, sedangkan CDMA menggunakan nomor yang langsung ditanam ke perangkat selular (tidak menggunakan Sim Cards). Jika ingin merubah nomor CDMA harus dengan menghubungi operator, sedangkan GSM cukup dengan mengganti kartu saja.
  • Cakupan Jaringan, Untuk urusan cakupan jaringan GSM memegang kendali dibanding dengan CDMA, karena sudah digunakan oleh masyarakat luas.
  • Jelajah Internasional, Jika Anda tidak pergi jauh atau ke luar negeri, CDMA cukup baik digunakan jika didukung dengan signal yang baik di daerah Anda. Namun jika Anda suka berkunjung ke luar negeri, tentu memiliki Hp dengan jaringan GSM akan lebih mudah. Karena cakupannya sangat luas sampai ke luar negeri, Anda juga bisa membeli kartu GSM lokal di mana Anda bepergian.

Namun, setelah berkembangnya teknologi dari masing-masing penyedia jaringan. Perbedaan keduanya sudah tidak mencolok dan tidak dipermasalahkan. Dengan 4G LTE kedua penyedia jaringan ini (GSM dan CDMA) sama-sama memiliki kartu Sim (sim card) dan bahkan bisa digunakan saling silang (bergantian).

Nah..jadi sudah tahu bagaimana perbedaan GSM dan CDMA. Bagaimana dengan handphone Anda, apakah Anda menggunakan GSM atau CDMA ? Itu tidak terlalu penting, saat ini yang terpenting adalah paket internet.

About Bijibersemi 270 Articles
Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*