7 Langkah Yang Akan Membantu Anda Mengambil Hikmah Dari Kejadian Yang Tidak Menyenangkan

hikmah, pelajaran dario kejadian
pixabay

Motivasi – Kejadian yang tidak menyenangkan bisa dialami oleh siapapun, tidak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah mengalami kejadian ini baik yang disebabkan oleh diri sendiri (kesalahan) atau yang disebabkan oleh orang lain. Oleh karena itu jangan terlalu fokus dengan masalah yang ada karena semua orang juga merasakan, namun fokuslah pada mencari hikmah dibalik semua kejadian itu yang bisa dijadikan sebagai pelajaran berharga dan untuk pengembangan diri.

Menurut Susan Steinbrecher (penulis buku Kensho: A Modern Awakening) dikutip dari Inc.Southeast Asia¬† yang melakukan interview kepada Marci Shimoff (Chicken Soup for the Woman’s Soul, Happy for No Reason, and others). Susan mendapat pencerahan bagaimana melakukan pendekatan revolusioner untuk bahagia yang sesungguhkan, hal ini mendorong Susan untuk mendefinisikan kembali arti kebahagiaan dan membingkai ulang kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan.

Berikut beberapa pertanyaan yang diajukan Susan pada saat melakukan interview terhadap Marci Shimoff.

Apa perbedaan antara orang yang bahagia dan orang yang “Bahagia tanpa alasan”?

Hampir sebagian besar masyarakat akan merasakan bahagia jika memiliki pekerjaan yang layak, penghasilan yang cukup dan memiliki hubungan yang baik. Ini yang disebut dengan bahagia karena ada alasan yang menyenangkan. Tentu ini tidak ada salahnya untuk memiliki alasan bahagia dengan pencapaian yang ada, namun ketika semua itu hilang maka kebahagiaan yang dirasakan pun akan menghilang juga.

Sedangkan kebahagiaan tanpa alasan merupakan kebalikan dari semua itu, kedamaian dan kesejahteraan batin yang tidak tergantung pada kondisi tertentu. Orang-orang ini tidak akan memandang perjalanan hidup untuk menjadi alasan kebahagiaannya, melainkan mereka akan membawa kebahagiaan dalam mengarungi setiap perjalanan hidup.

Jika Anda dihadapkan dengan puluhan atau ratusan orang di hadapan Anda dan ajukan pertanyaan “Siapa yang pernah mengalami masa sulit dalam hidup ?” maka semua orang akan mengangkat tangannya (yakin).. Namun, jika Anda tanya “Siapa yang sependapat bahwa kejadian tidak menyenangkan itu adalah bagian terindah dalam hidup kita?” Maka belum tentu semua akan mengangkat tangannya. Hanya orang yang memiliki iman dan kepercayaan yang kuat yang akan merasakan bahwa setiap kejadian merupakan berkah dalam hidup bahkan saat masalah tersebut sedang dihadapi.

Kita semua terjebak dalam hal-hal negatif yang disajikan media

hampir setiap hari kita disuguhi dengan berita-berita negatif oleh media, perpecahan antar suku, perpecahan antar agama, pemecatan karyawan, kriminal. Hampir berjam-jam kita semua dipusatkan pada hal-hal negatif. Jika diibaratkan “Makan”, kita semua sedang memasukkan makanan yang tidak sehat bagi diri kita. Ini adalah junk food untuk otak dan jantung kita. Kita semua sedang menikmati diet mental yang buruk..

kita harus bisa mencari sisi positif dari berita-berita itu agar tidak terjebak..

7 Langkah untuk mengambil hikmah pada kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan.

  1. Duduk dan diam. Tutup mata Anda dan tarik napas panjang.
  2. Ingat kembali situasi tertentu yang menyebabkan Anda merasa dirugikan atau menyalahkan orang lain. Bayangkan orang atau orang yang terlibat, latar belakang, dan apa yang dikatakan atau dilakukan.
  3. Bayangkan mengambil beberapa langkah mundur dan mengamati situasi dari kejauhan, seolah-olah Anda sedang menonton film di layar.
  4. Bagian apa dari apa yang terjadi yang dapat Anda tanggung? Apakah Anda mengabaikan tanda-tanda yang seharusnya memberi Anda petunjuk bahwa ada masalah? Apakah Anda bertindak dengan cara yang mungkin memicu situasi? Apakah pikiran, perkataan atau tindakan Anda menyebabkan situasi buruk itu?
  5. Apa pelajaran Anda untuk belajar dari apa yang terjadi? Apakah Anda membutuhkan lebih banyak kesabaran atau batasan yang lebih baik? Apakah Anda perlu mendengarkan lebih banyak dan berkata lebih sedikit?
  6. Tanyakan pada diri Anda: Jika ini terjadi untuk tujuan yang lebih tinggi, apa itu? Bisakah kamu menemukan hikmahnya?
  7. Tuliskan hal terpenting yang dapat Anda lakukan secara berbeda sebagai hasil dari menemukan pelajaran atau hadiah.

selamat mencoba, bahagia itu pilihan buat pemberian… Jangan berharap orang lain bisa kita kendalikan untuk kebahagiaan kita, namun kendalikanlah reaksi kita terhadap kejadian tersebut.

loading...
About Bijibersemi 279 Articles
Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*