5 Tips Penghematan Agar Bebas Finansial

Tips Mengatur Keuangan – Memiliki keuangan yang sehat merupakan impian semua orang terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga, tuntutan akan pemenuhan kebutuhan membuat semua orang harus mampu mengatur keuangannya agar tetap sehat finansial. …

Walau bagaimanapun kita semua ingin bangun tidur tanpa rasa khawatir terhadap keuangan, biaya kehidupan sehari-hari terpenuhi, biaya untuk keperluan pendidikan anak, asuransi, biaya kesehatan, dan lain sebagainya juga terpenuhi. …

Ini semua bisa Anda raih jika mampu mengatur keuangan agar pengeluaran lebih hemat, berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penghematan sehingga Anda bisa bebas Finansial di kemudian hari:

Bagaimana cara menghemat agar bebas finansial, Cara hemat uang, Cara Mengatur keuangan, Cara mengurangi pengeluaran per bulan, Gaya Hidup, Gaya hidup hemat, Tips agar bisa kaya dengan berhemat, Tips Praktis,

1. Perhatikan Pembayaran Yang Menjadi Pengeluaran Rutin Anda, Mungkin Anda Perlu Menekan Penggunaannya

Coba Anda lihat kembali bill pembayaran tagihan yang setiap bulan rutin Anda bayar, misalkan :

  • Tagihan TV Berbayar
  • Tagihan Air
  • Tagihan Telepon
  • Asuransi
  • Kartu Kredit
  • dan lain-lain.

Anda pasti akan memprioritaskan membayar semua hal di atas ketika Anda sudah mendapatkan uang, coba kembali Anda amati penggunaannya setiap bulan, apakah ada peluang untuk dapat ditekan penggunaannya sehingga besarnya pembayaran dapat berkurang.

Selain dengan cara mengurangi penggunaanya, Anda juga bisa melakukan negosiasi dengan pengurusnya untuk dapat memberikan kebijakan. Pertimbangan yang bisa Anda ajukan misal dengan memberitahukan provider bahwa Anda mendapat tawaran dari provider lain yang lebih bagus. Karena Anda merupakan pelanggan lama dan jangka panjang, mintalah ke provider lama untuk memberikan kebijakan sehingga tagihan Anda bisa ditekan jumlahnya.

    2. Jangan Mudah Terpengaruh Oleh Tawaran “Berlangganan” Yang Mewajibkan Anda Mengeluarkan Biaya Setiap Bulannya

    Berbagai macam cara pemasaran produk dan jasa sudah berkembang di dunia ini, salah satunya adalah penawaran berlangganan..

    Penawaran ini biasanya akan memberikan banyak iming-iming kemudahan ataupun fasilitas yang bisa didapat jika Anda ikut berlangganan dan membayar setiap bulannya, misal :

    • Langganan Fitness (Gym)
    • Layanan Wifi
    • Layanan Selular
    • Tempat Hiburan
    • dan lain-lain

    Kadang Kita akan tertarik berlangganan karena kita pikir bahwa nantinya akan sering kita gunakan, namun aktualnya banyak orang yang tidak sepenuhnya menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Langganan yang diikutinya, misalnya : Tawaran ID Wifi dengan melakukan pembayaran Rp 50,000,- maka akan mendapatkan kemudahan akses ketika ada signal Wifi. Aktualnya Anda tidak akan benar-benar menunggu atau diam di area yang memiliki akses Wifi berlama-lama.

    Pikirkan benar-benar apakah yang Anda ikuti Langganannya tersebut sangat Anda butuhkan, jika tidak sebaiknya hindari hal ini, karena akan menambah beban pengeluaran Anda setiap bulannya..

    3. Memburu Diskon Juga Bisa Anda Jadikan Solusi

    Berbelanja kebutuhan memang tidak bisa Anda elakkan lagi, mau tidak mau Anda harus mengalokasikan budget untuk hal yang satu ini..

    Namun, Anda bisa mengantisipasi agar jumlah yang Anda anggarkan dapat sesuai atau bahkan aktualnya bisa lebih kecil dibanding anggaran. Caranya adalah dengan mencari Diskon atau penjual yang memberikan harga yang lebih miring..

    Untuk membeli kebutuhan bulanan Anda, cobalah untuk ke toko grosir yang memberikan potongan harga saat Anda membeli dalam jumlah yang banyak. Atau Anda bisa membeli dengan sistem eceran yang memberikan diskon.

    Biasanya penjual akan memberikan banyak diskon pada momen tertentu seperti menjelang akhir tahun dan awal tahun, bulan puasa dan lebaran, dan lain sebagainya.

    Anda pun bisa mecari informnasi promo-promo yang diadakan per minggunya, misal Promo Superindo Minggu ini, Promo Tiket, dan lain sebagainya….

    4. Hilangkan Gengsi Dalam Diri Anda, Gunakan Produk Yang Biasa Saja. Tidak Perlu Harus Bermerek Terkenal

    Gaya hidup glamor sudah menjadi tren di masyarakat, terutama di kalangan artis dan anak muda jaman sekarang…

    Semua barang yang dipakainya harus memiliki merek yang terkenal, misal celana jeans dengan Levis original dengan harga sekitar Rp 700rb, Jam tangan Jutaan rupiah, Tas sampai puluhan juta, dan lain sebagainya…

    Gaya hidup glamor seperti ini jika Anda ikuti maka Anda akan menghabiskan banyak uang, tidak jarang kita lihat tindakan asusila terjadi karena ingin memenuhi kebutuhan yang berlandaskan gengsi ini…

    Mulai sekarang tinggalkan gaya hidup seperti itu jika Anda ingin hidup dengan keungan yang sehat nantinya, gunakanlah produk yang layak dan kualitas baik walaupun tidak memiliki logo atau merek yang terkenal…

    5. Pergi Makan Di Luar Boleh Saja, Namun Jangan Terlalu Sering. Lebih Baik Masak Dan Makan Di Rumah

    Sedikit memiliki kemiripan dengan gaya hidup menggunakan produk yang bermerek terkenal, mencari dan makan di restauran atau warung makan juga dijadikan tren kekinian…

    Duduk dan berkumpul dengan rekan-rekan menjadi kebiasaan yang sudah menjadi gaya hidup, padahal ini akan membuat pengeluaran Anda menjadi membengkak..

    Makan di rumah makan memang tidak ada salahnya, namun sebaiknya jangan terlalu sering. Hal ini akan membuat pengeluaran Anda menjadi menggelembung..belum lagi ada sebagian orang yang hobby minum kopi di cafe terkenal, yang harga kopinya bisa mencapai Rp 40rb per cup..

    Cobalah untuk membeli bahan masakan kemudian diolah di rumah untuk keperluan makan Anda dan keluarga, ini akan lebih murah bila dibanding dengan jika Anda makan di luar..

    Selain itu, Anda pun bisa membuat minuman kopi sendiri di rumah.. tidak perlu ke warung kopi internasional yang harga kopinya mahal…..

    Itulah 5 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran keuangan Anda, dengan begitu Anda bisa mengurangi pemborosan dan bisa menabung untuk persiapan kebutuhan yang lebih penting dan mendesak. Pola hidup hemat akan sangat membantu Anda bebas finansial di kemudian hari. Selamat mencoba…dan jangan lupa share Artikel ini…..

    Sumber : www.bijibersemi.com
    About Bijibersemi 270 Articles
    Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


    *