5 Cara Sopan Menolak Perintah Atasan (BOSS)

cara menolak perintah atasan dengan sopan, menolak perintah dengan cara halus

Pekerjaan – Kehidupan di kantor memang penuh hiruk pikuk, berbagai macam kepentingan berseliweran di dalamnya, mulai dari menyelesaikan pekerjaan ringan sampai jualan muka ke atasan pun ada di sana. Istilah pelanggan adalah raja memang kadang ada benarnya, namun jika di kantor istilah ini bisa diplesetkan menjadi “Bos adalah raja”, karena semua permintaannya harus diikuti.

Hanya karena bos adalah yang paling berkuasa bukan berarti semua perintah yang diajukan kepada Anda selaku anak buah harus dijalankan semuanya, misal meminta untuk hal-hal yang bertentangan dengan nilai perusahaan, melakukan manipulasi, atau bahkan melakukan pekerjaan yang sangat tidak masuk akal.

Anda tidak bisa juga menolak semua hal itu dengan terang-terangan “…Pak, saya gak sudi melakukan pekerjaan itu…!!!”

Apa yang kira-kira akan Anda terima ? ahhh..sudahlah Anda pikirkan aja dalam benak Anda jika meolak perintah dengan cara begitu..

Namun Anda bisa kok menolak perintah atasan dengan cara yang sopan, berikut 5 cara menolak Perintah Atasan dengan cara yang sopan.

1. “BAIK PAK…MANA YANG HARUS SAYA PRIORITASKAN..”

Terkadang seorang atasan yang nyaman dengan satu orang, maka semua pekerjaan akan dilimpahkan kepadanya semua. Sedikit-dikit memanggil untuk diberikan pekerjaan. Ingat… ini salah satu bentuk kepercayaan atasan pada Anda, namun jika pekerjaan yang diberikan sudah melebihi kemampuan Anda, maka Anda berhak menolah secara halus kok.. dari pada semua pekerjaan tidak ada yang terselesaikan.. gunakan kata berikut..

“..Pak, hari ini saya mengerjakan A, B dan C yang kemarin bapak minta..kira-kira untuk pekerjaan yang barusan Bapak kasih apakah cukup mendesak ? atau menurut Bapak mana yang paling Bapak perlukan secepatnya biar saya kerjakan terlebih dahulu…”.

2. Coba Dengan Cara Yang Lucu

Bila atasan Anda meminta pekerjaan yang menurut Anda diluar kemampuan Anda dengan waktu yang ada, maka cobalah untuk menyampaikan dengan cara yang lucu, misal..

“…Pak..sepertinya kalau saya harus memindahkan gunung sendirian saya belum mampu lho Pak…coba Pak carikan saya bantuan untuk ngangkat gunungnya ramai ramai… atau Bapak mau membantu…hehehehe”

3. Coba Jadi Guru Bagi Atasan Anda

Kadang memang atasan memberikan pekerjaan yang menghabiskan waktu tidak berguna, padahal pekerjaan itu bisa dilakukan sendiri.. contoh bos Anda meminta Anda mengeprintkan dokumen di laptopnya.. kan itu sangat buang-buang waktu padahal bos Anda juga bisa melakukan sendiri..

Cobalah ajari bos Anda bagaimana cara membuka email, mengatur tulisan di Microsoft word dan juga cara mencetak dokumen.

” Pak… begini lho cara mengatur tulisan biar rapi…besok-besok Bapak bisa kok melakukan sendiri…”

4. Pantulkan Aja Perintahnya

Saat mendapati atasan yang memanggil dan menanyakan pekerjaan atau memerintah pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian Anda atau Anda sedang banyak kegiatan lain yang harus dikerjakan, Anda bisa kok merekomendasikan rekan Anda yang lain yang menurut Anda memiliki kemampuan untuk melakukan perintah tersebut..

“..Pak, kebetulan saya sedang mengerjakan A, B dan C.. Bagaimana kalau si itu yang mengerjakannya…?”

Anda memang menolak, namun Anda memberikan solusi dengan merekomendasikannya kepada orang lain..

5. Berikan Tawaran

Jika Anda mendapati atasan Anda meminta pekerjaan yang diluar kemampuan Anda dengan waktu yang ada, Anda bisa menawarkan kembali kepadanya. Misal, “..John.. Saya lihat kamu pintar menyusun kata-kata, tolong buatkan saya bahan pidato..”.

Anda bisa menolak dengan halus untuk mengurangi beban Anda “..Pak.. Saya sedang mengerjakan A, kalau Bapak bisa membuat draft awal, nanti saya akan perbaiki…” atau ” Mungkin Bapak bisa meminta si A buat menulis draft pidatonya, nanti saya akan memberi masukan..”

Anda tidak harus mengerjakan tugas itu, namun Anda tetap membantu menyelesaikannya nanti..

Itulah 5 cara menolak secara halus pekerjaan yang diberikan Atasan kepada Anda, bukan karena merka adalah Atasan (boss) Anda maka semua perintahnya harus dilakukan semua..Anda juga perlu mempertimbangkan pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

loading...
About Bijibersemi 277 Articles
Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*