7 Langkah Yang Membuat Seorang Wanita Menjadi Pemimpin Hebat

Tips Wanita Sukses – Apakah Anda seorang wanita yang sedang bergabung dalam satu organisasi atau ingin memulai suatu karir ? hampir semua orang menginginkan kesuksesan dalam setiap aktivitas yang sedang dijalaninya baik laki-laki maupun perempuan.

Keberhasilan-keberhasilan itu tentu tidak hadir begitu saja…

Perlu adanya usaha yang lebih dari diri Anda untuk bisa mencapai kesuksesan yang diharapkan, walaupun Anda terlahir di keluarga yang dibilang berhasil pun tidak akan menjadikan Anda bisa sukses jika tidak disertai usaha dari diri Anda sendiri…

Apakah Anda tahu Operah, atau tokoh wanita lainnya…?

Bagaimana bisa mereka mencapai kesuksesan yang cukup membanggakan..? ya.. tentu jawabannya adalah leadership. Kepemimpinan sangatlah penting untuk mengantar Anda menjadi orang yang sukses.

Leadership sendiri tidak selalu identik dengan jabatan yang tinggi, melainkan pengaruh. Anda bisa saja memiliki jabatan yang rendah, namun jika Anda mampu memberikan pengaruh yang baik, Anda patut disebut leader….

Berikut 7 cara yang bisa dilakukan oleh seorang wanita yang ingin menjadi leader yang baik..

1. Jadikanlah Kehadiran Anda Terasa Nyaman Bagi Orang Lain

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang memiliki kepribadian masing-masing dengan gaya yang berbeda-beda.. Namun Anda harus bisa menempatkan diri agar kehadiran Anda di tengah-tengah rekan kerja lainnya bisa memberikan kenyamanan.

Bagaimana ini bisa terjadi…?

berikan manfaat sebanyak-banyaknya pada orang lain dengan keikhlasan, bantulah orang lain keluar dari masalah yang mereka hadapi. Memberikan solusi dengan tanpa menggurui akan membuat orang lain merasa nyaman dekat dengan Anda.

Jika Anda sudah berhasil dengan langkah ini, tentu jiwa kepemimpinan Anda sudah Anda kuasai, ketika Anda menduduki jabatan tinggi, Anda tidak perlu repot-repot untuk memperluas pengaruh Anda.

2. Kemarahan Akan Memberikan Anda Energi, Namun Tidak Baik Ketika Mengambil Solusi

Dimana pun Anda berkarir tentu akan menemui orang-orang yang tidak cocok dengan Anda, orang-orang yang menyebalkan, dan mengundang kemarahan Anda.

Kemarahan memang akan membuat Anda lega, karena dapat meluapkan emosi Anda.. Namun ini akan menjadikan masalah yang lebih rumit.

Oleh karena itu, tetaplah tenang menghadapi orang-orang yang membuat Anda emosi.. sampaikan keberatan Anda penuh dengan ketenangan. Ini akan membuat Anda nampak dewasa dan tentu pikiran Anda akan lebih mudah mendapatkan solusi..

3. Jangan Sepelekan Bergosip, Hindari Kebiasaan Itu Untuk Mendapatkan Kepercayaan Tim Anda

Apakah Anda senang bergosip…?

Sebaiknya hindari kebiasaan ini agar Anda bisa lebih berhasil dalam membina hubungan yang baik dalam organisasi..

Kebiasaan bergosip akan membuat rekan Anda tidak percaya dengan Anda. Ketika Anda membicarakan keburukan rekan kerja lain dengan teman Anda, jangan pernah berpikir bahwa mereka akan memberi tahu masalah yang sebenarnya. Karena mereka belum tentu yakin Anda akan mampu menjaga rahasianya.

Ingatt…Faktor kepercayaan sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan Anda memimpin. Jika Anggota tim anda tidak memiliki rasa percaya kepada Anda, tentu Anda tidak akan bisa memimpin mereka….

4. Bijaksana Bukan Kelemahan, Ini Merupakan Bentuk Kebesaran Hati Anda

Ada saatnya Anda akan dihadapkan pada kondisi yang serba salah antara menerapkan aturan atau melihat sisi kemanusiaan.

Anda terkdang akan mengambil langkah kemanusiaan untuk dapat menyelesaikan masalah, tentu perlu pertimbangan-pertimbangan agar keputusan yang Anda ambil tidak menjadi boomerang bagi Anda nantinya…

Anda harus bisa lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan, ketegasan memang diperlukan namun ada kalanya Anda harus lebih bijak dalam bertindak…

5. Jalin Kedekatan Dengan Berempati, Ini Menjadi Senjata Ampuh Untuk Meminta Loyalitas Tim

Ketika Anda berhubungan dengan rekan yang lain, tentu ada saja anggota tim yang menghadapi masalah-masalah di luar pekerjaan.

Masalah ini tidak jarang dibawa sampai ke tempat kerja, Anda harus bisa berempati dengan kondisi ini..

Memberikan solusi dengan berempati memang akan terasa sulit bagi Anda, terutama ketika masalah itu datang berkali-kali yang mengakibatkan Anggota tim tidak produktif.

Sekali lagi, Anda dituntut untuk lebih bijak dalam memberikan solusi…

6. Definisikan Nilai-Nilai Yang Akan Anda Capai Dengan Tim, Jika Ada Yang Melanggar Perlu Ada Konsekuensi

Hampir serupa dengan poin 5 di atas, namun pada langkah ke-6 ini Anda perlu mendefinisikan nilai-nilai apa yang tidak bisa diganggu gugat dan harus diikuti oleh semua tim.

Buatlah daftar nilai (value) yang mewakili tim Anda, sepakati dengan anggota tim Anda. Jika Anda yang melanggar, maka perlu ada konsekuensi yang perlu diberikan kepadanya.

Misalkan, Anda dan anggota tim sepakat untuk masuk kerja selalu ontime, maka jika ada yang terlambat harus diberikan sanksi…

7. Tidak Ada Kesuksesan Tanpa Integritas, Maka Bangunlah Intergitas Anda

Melakukan apa yang Anda katakan adalah salah satu bentuk integrity, atau menjalankan pekerjaan sampai selesai juga merupakan integritas.

Hampir tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai tanpa adanya integritas dalam diri sesorang. Ketegasan adalah jalan untuk mencapai integrity, baik tegas pada diri sendiri maupun pada aturan yang ada.

Ketika ada rekan kerja yang melakukan kesalahan yang sama atau melanggar nilai yang disepakati, maka Anda harus berani untuk mengatakan salah pada hal yang salah..

Jangan pernah terlena dengan kesuksesan yang semu yang dibangun dengan etika kerja yang buruk dan ketidakjujuran.. ini tidak akan bertahan lama.

Itulah 7 Tips yang bisa memberikan Anda gambaran bagaimana menjadi seorang pemimpin wanita yang berpengaruh, tentu semua membutuhkan usaha yang lebih dari diri Anda agar menciptakan kepercayaan, kenyamanan, integritas, dan juga kebijaksanaan. Semua hal itu tidak bisa Anda hasilkan secara bersama-sama, perlu latihan secara bertahap.. Semoga dapat membantu…dan jangan lupa share Artikel ini…..

loading...
Bijibersemi

Bijibersemi

Bijibersemi.Com Merupakan Salah Satu Blog Yang Memberikan Berbagai MaCam Informasi Bagi Anda, Mulai Dari Informasi Teknologi, Entrepreneur, Pekerjaan, Motivasi, Pertanian, Peternakan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *